Jangan Biarkan Kekurangan Anda Membatasi Diri Anda Untuk Maju

Welcome To SUARA WALET_007

Tuesday, October 8, 2013

WavePad Sound File Editor

WavePad Sound File Editor

Wavepad Sound editor adalah software pengolah audio yang dikhususkan untuk mengedit dan memani-pulasi file audio. Dengan modul ini kita bisa memperbaiki suara atau file audio yang terlalu pelan, dan mengubah intonasi, tinggi rendahnya nada. Program ini berisi semua yang anda butuhkan untuk membuat terdengar besar CD rekaman dan audio, termasuk alat profesional untuk merekam, analisis dan mengedit. User interface dirancang dengan WaveMax kecepatan, akurasi dan kemudahan penggunaan dalam pikiran.Dan berbagai macam alat audio berkualitas tinggi dan efek yang terintegrasi dalam software ini. termasuk alat-alat untuk pengolahan dinamis, menyamakan banyak efek seperti echo, amplifikasi, reduksi kebisingan. serta waktu peregangan dan alat transposisi kunci.

Software ini bisa di katakan simple, karena besar kapasitas dan cara penggunaan software ini tidak rumit dan tidak meghabiskan banyak memori komputer atau laptop. kapasitas software ini hanya memakan merory 5,32MB. Wavepad Audio Editor memiliki berbagai fitur-fitur yang tidak kalah dengan program sejenis yang berbayar, antara lain kita dapat meng-cut, copy, paste, delete, insert, silence, autotrim dan masih banyak lagi. Selain itu, dengan Wavepad Anda dapat memasukkan ataupun menambahkan berbagai efek Audio, diantaranya amplify, normalize, equaliser, envelope, reverb, echo, reverse, sample rate conversion.

Tidak seperti editor suara lainnya didasarkan pada mesin ActiveX yang sama, editor ini dikembangkan dari bawah ke atas untuk mudah digunakan dan cepat. User interface dirancang dengan kecepatan, akurasi dan kemudahan penggunaan dalam pikiran. Kunci fitur Wave Editor adalah pilihan sederhana blok audio selama pemutaran. Non-destruktif editing memungkinkan Anda untuk membuat perubahan simulasi ke track audio tanpa Timpa file asli.

WavePad dapat digunakan untuk mengedit berbagai format audio seperti wav, mp3, vox, gsm, real audio, au, aif, flac ogg dan lainnya. Selain fitur standard (cut,copy,paste), berbagai fitur tersedia, seperti audio effect, batch convert, analysis, merekam audio, mendukung mono atau stereo, dan berbagai fitur lainnya.
WavePad dapat berjalan di sistem operasi Windows 95/NT4/98/2000/Me/XP/2003/Vista atau sesudahnya, Mac OS X 10.2 keatas, dan dapat berjalan di Linux dengan WINE. Ukuran Installasi windows hanya sekitar 459 KB dan 1 MB untuk Mac.

Fitur atau keistimewaan Wavepad audio editor.

  Sebelum kita membahas cara pengeditan file audio menggunakan software ini. Beberapa keistimewaan fitur dan keistimewaan dari software ini di banding software pengelolah audio lainnya, ada banyak kelebihan dan keistimewaan lainnya yg dimiliki oleh software WapePad yang tidak dimiliki oleh pengelolah audio lainnya. Seperti: 
*Fungsi editing suara termasuk memotong, menyalin, paste, menghapus, menyisipkan, keheningan, autotrim dan masih banyak lagi.

* Efek audio termasuk, memperkuat, menormalkan, equaliser, amplop, reverb, echo, reverse, konversi sample rate dan banyak lagi.

+ Penuh fitur dukungan perangkat lunak pengeditan Mp3.

+ Mendukung beberapa format file lainnya termasuk wav (beberapa codec) vox, gsm, real audio, au, aif, flac, ogg dan banyak lagi.

+ Batch pemrosesan mendukung hingga 32.000 file yang memungkinkan Anda untuk menerapkan efek dan / atau mengkonversi file Anda sebagai fungsi tunggal.

+ Alat meliputi analisa spektral (FFT) dan sintesis pidato (teks-to-speech).

+ Perekam mendukung perekaman autotrim dan suara diaktifkan dan banyak lagi.

Restorasi Audio fitur termasuk pengurangan kebisingan dan klik penghapusan pop.

+ Mendukung tingkat sampel dari 6000 hingga 96000Hz, stereo atau mono, 8, 16, 24 atau 32 bit.

+ Termasuk CD ripper sendiri dengan modus rip 'ultra' dan musik CDDB lookup database.

+ Bekerja langsung dengan MixPad perangkat lunak multi-track audio mixing.

+ Link langsung ke Perekam Bakar Ekspres CD untuk membakar file suara Anda ke CD.

+ Edit trek untuk perangkat lunak DJ Zulu.

+ Mudah untuk menggunakan antarmuka akan membantu Anda memulai mengedit hanya dalam hitungan menit.

Tidak hanya itu software ini juga memiliki beberapa evek yang istimewa.seperti :

- Wah-wah efek, - untuk meniru wah-wah pedal gitar.

- Vibrato efek, untuk kedalaman modulasi dan frekuensi suatu sampel audio lapangan itu.

- Tremelo berlaku, kedalaman modulasi dan frekuensi suatu amplitudo sampel audio itu.

- Efek Doppler, untuk simulasi suara kendaraan yang lewat dari tinggi ke lapangan yang lebih rendah.

- Pitch kecepatan profil alat, untuk mengubah kecepatan atau pitch bagian pilih dari sebuah sampel audio.

Mungkin sebagian orang beranggapan bahwa untuk menggunakan atau mengakses program ini sangat sulit, namun bila seseorang dengan rasa ingin tahunya besar (penasaran) untuk bisa menggunakan software ini dengan mempelajari Wavepad audio editor dengan cermat, pasti orang itu beranggapan bahwa Wavepad audio editorlah yang sangat mudah dari kebanyakan aplikasi pegelola suara rekaman lainnya, untuk bisa mengakses software ini , harus terlebih dahulu mempelajari software ini dengan cara otodidak (belajar sendiri), kursus atau dengan cara lainnya. Sebelum kita mengolah file audio yg berformat MP3 atau yang lainnya dengan Wavepad audio editor, terlebih dahulu kita juga harus menentukan ide pengeditan yang cocok dengan tema tersebut agar file yg telah kita olah dengan menggunakan Wavepad audio editor sesuai hasilnya dengan yang kita inginkan. Seperti di bawah ini adalah salah satu cara mengolah file audio dengan software tersebut.

Kali ini saya akan membahas cara mengedit file audio.dan memindah kan setengah file audio ke file yang berformat audio yang lain dan menambah kan sedikit efek yaitu, evek mengkasarkan,dan menggemakan suara vocal pada audio suara pada Wavepat Audio Editor.

1. Langkah awal, masukkan file audio yang ingin di edit, dengan mengkelik file pada pojok kanan atas toolbars.

2. Pilih file yg ingin di edit dengan software ini.

Tentang Cara Editing dan Menggabungkan L/R Serta proses Pemisahan Suara Rekaman

  


1. Buka WavePad Sound editor di dekstop (klik 2 kali)




 Maka akan kelihatan gambar seperti ini :



Selanjutnya, masukkan file audio yang ingin di edit, dengan meng-klik file pada pojok kanan atas pada toolbars, kemudian pilih file yg ingin di edit.

2. Drag file (mono) MP3/WAVE ke dalam kolom wavepad seperti gambar dibawah ini


 3. Ubah format kedua file MP3/WAVE diatas menjadi streo (apabila file awalnya itu mono) tetapi jika sudah streo tinggal di buatkan ke R atau L saja, bisa juga melihat contoh dibawah ini. Jika file awalnya MONO maka harus diubah ke streo terlebih dahulu caranya : blok (tekan ctrl+A) dan klik EDIT dimenu sebelah kiri atas dan cari sub menu di bawah yang namanya convert channels dan geser ke kanan klik STREO.. dan tunggu proses selannjutnya.... Catatan jika ingin membuat suara R/L beda maka kedua file harus dilakukan seperti cara ini jika file tersebut masih mono.

 4. Buat file R atau L maka ikuti cara dibawah ini, (tetap pada posisi diblok (CTRL+A) dan cari di submenu STREO PAN klik aja itu dan pilih every left)






Nah jika selesai prosesnya lakukan juga untuk file mp3 yang kedua tetapi pilih ke every right,, jika sudah selesai simpan kedua file tersebut beri nama yang mudah misalkan A dan B. klik save di pojok kiri atas.. Jika sudah selesai close aja dulu dan drag kembali file mp3 yang pertama (A) jika proses sudah selesai, maka blok (CTRL+A) dan klik EDIT di kiri atas cari di submenu klik MIX WITH FILE cari file B tunggu proses sampai selesai lalu SAVE kembali dengan nama file C.. usahakan format file penyimpanan ke WAVE. Nah jika ingin mengganti format bisa diubah menggunakan Ultra Mobile 3gp Converter dan ubah ke MP3 dan klik Contert.. tunggu proses selesai.


Remove noise dengan WavePad

Dalam dunia recording kita mengenal istilah noise,noise adalah suatu sinyal yang secara alamiah tidak kita hendaki dalam sebuah sistem audio.Pada sistem audio, terdapat banyak sumber noise yang dapat mengganggu output ideal dari sistem audio tersebut.Salah satu noise yang mungkin terjadi pada sistem audio adalah noise akustik, sebagai contoh suara yang berasal dari sumber lain di sekitar sistem tersebut, seperti suara dering telepon atau suara deru kendaraan yang melintas.

Salah satu metode untuk mengurangi noise adalah Noise Reduction.Noise pada umumnya berada di daerah suara yang spesifik. Desis berada pada frekuensi tinggi, sedangkan derau dan dengung berada pada frekuensi rendah. Inilah prinsip yang mendasari metode noise reduction. Melalui berbagai teknik pengolahan sinyal, sinyal dapat dipecah-pecah menjadi bagian-bagian yang lebih kecil. Setelah proses pemecahan tersebut, dilakukan penghapusan pada beberapa bagian dari sinyal tersebut yang menduduki daerah frekuensi yang dianggap sebagai noise.

Adapun metode noise reduction dapat kita gunakan dengan menggunakan beberapa software pengolah audio seperti Wavepad, Cool Edit Pro, Adobe Audition,Audacity dan masih banyak lagi. 

Di sini saya akan memberikan tips untuk menghilangkan noise dengan software Wavepad.


Langkah-langkah menghilangkan noise dengan Wavepad.



Buka Software wavepad; tampilannya akan seperti pada gambar berikut ini.



Klik open file; dan cari hasil rekaman yang ingin di hilangkan noisnya; kalau sudah, nanti hasilnya akan seperti pada gambar di bawah ini.




Kalau sudah di buka filenya langkah selanjutnya klik pada tab effects; seperti terlihat pada gambar di atas,

Kemudian klik pada anak panah kecil di tab yang bertuliskan cleanup seperti terlihat pada gambar di bawah ini. Setelah itu selain menghilangkan noise terkadang hasil rekaman yang tidak maksimal volumenya sering tidak stabil kita dapat menggunakan fungsi cleanup automatic gain control, maka software akan melakukan proses, tunggu proses selesai.

Nah kita juga dapat menggunakan fungsi yang lain untuk mengatur volume dari hasil rekaman kita seperti terdapat amplify, normalize dan lain sebagainya yang terdapat dalam software wavepad ini,

Nah untuk menghilangkan noise, klik kembali pada cleanup &gt &gt, noise reduction kemudian kita pilih noise gate, auto spectral subtraction dan multi-band noise gating, lakukan satu persatu.

Langkahnya cleanup, noise reduction, noise gate, apply, tunggu proses selesai noise gate telah selesai digunakan.

Selanjutnya klik kembali cleanup, noise reduction, auto spectral subtraction, pilih preset apply to voice, kemudian apply; tunggu proses selesai auto spectral subtraction telah selesai digunakan;

langkah terakhir klik kembali cleanup, noise reduction, multiband noise gating, pilih preset remove hum and hiss, kemudian apply, tunggu proses selesai multiband noise gating telah selesai digunakan.

Setelah semua telah selesai digunakan selanjutnya tinggal menyimpan file yang sudah di hilangkan noise tadi dengan cara klik file, save file, maka akan mucul wave encoder option, klik ok tunggu proses selesai maka file telah tersimpan, tinggal kita masukan ke track yang telah kita buat selesai.






Semoga Bermanfaat,

No comments: